Liburan

 

Perjalanan Liburan Lebaran

 

Setelah berselang tiga hari dari hari raya Idul Fitri 1428H, saya dan ketiga teman saya yaitu, Draga, Ian, dan Ryo memutuskan untuk pergi berlibur ke Bandung. Kami berangkat dengan menggunakan Bus Antar-Kota yang berutekan Bekasi-Bandung. Karena pada saat itu bertepatan dengan arus mudik lebaran, kami sempat mengalami penundaan keberangkatan selama dua jam, yang dikarenakan kepadatan arus mudik lebaran. Di tengah perjalanan kami sesekali melihat kejadian-kejadian kecelakaan, yang dikarenakan banyaknya barang bawaan yang melebihi kapasitas daya angkut kendaraan. Sesampai di Bandung kami lansung bergegas menuju tempat rekreasi wisata Bandung yaitu Dago Pakar. Di sana terdapat goa-goa dan markas bekas penjajahan Jepang dan Belanda. Dari goa dan markas itu terlihat jelas dimata saya bahwa, begitu kejamnya para penjajah yang mengkerja paksakan orang-orang kita untuk membuat markas para penjajah. Tanpa terasa hari pun mulai petang. Kami bergegas untuk mencari penginapan.

Kami harus berjalan sejauh 8 KM, karena tidak terdapat satupun kendaraan umum yang beroprasi, dan penginapannya pun hanya berada di daerah Lembang, yaitu Maribaya. Perjalanan terasa sangat lelah karena terdapat dakian yang harus kami lewati. Akan tetapi cepat terobati karena keadaan alam yang sangat indah dan udara yang masih sangat bersih dan segar yang terhirup. Setelah sampai ditempat penginapan, karena harga penginapan disana cukup mahal, kami terpaksa harus menyewa penginapan yang cukup dibilang biasa-biasa saja. Waktu istirahatnya saja harus berganti-gantian, karena hanya terdapat satu tempat tidur. Udara disekitar penginapan pun terasa sangat dingin karena berlokasi ditengah-tengah bukit. Disana kami tidak ada yang mandi, karena airnya saja sangat dingin seperti batu es yang baru mencair. Akan tetapi disana terdapat juga kolam air panas yang berada tepat dibawah penginapan yang kami tempati. Dan malamnya kami langsung berendam disana sambil menikmati segelas kopi panas yang terasa sangat nikmat.

Keesokan harinya pun kami bangun pagi-pagi, karena perut sudah terasa sangat lapar kami bergegas untuk mencari makanan. Ditengah perjalanan kami dikejutkan dengan adanya seekor anak monyet yang tiba-tiba saja datang dari semak-semak dan langsung mencengkram salah satu badan teman saya yaitu Ryo, dengan wajah penuh ketakutan, teman saya berusaha untuk lari dan menghindar mencoba untuk melepaskannya, akan tetapi anak monyet itu masih saja mencengkram badan teman saya dan teman saya Draga pun berkata, mungkin wajah Ryo mirip dengan induknya, makanya anak monyet itu tidak mau melepaskannya, dan mengira Ryo adalah induknya. Kami pun turut membantu melepaskannya, dan anak monyet akhirnya pergi sambil di iringi dengan suara ejekan dan tawaan dari saya dan teman-teman saya.

Sesampainya dirumah makan kami disambut dengan hidangan-hidangan khas yang enak dan nikmat, sambil membahas si monyet yang jail tadi. Setelah selesai makan kami kembali lagi dikejutkan dengan harga makanan yang sangat mahal, karena lupa menanyakan harganya terlebih dahulu. Dengan perut kenyang kami kembali kepenginapan untuk beristirahat sejenak. Menjelang siang kami keluar mengitari sekitar penginapan, untuk mencari tempat-tempat yang bagus untuk berfoto sebagai kenang-kenangan. Disekitar penginapan kami menjupai air terjun yang sangat indah dan ditengah-tengahnya terdapat jembatan yang menambah keindahan air terjun tersebut. Dan saya tidak lupa untuk mengabadikan moment tersebut dengan berfoto-foto. Karena hari mulai menjelang malam kami kembali kepenginapan dan kembali berendam berendam dikolam air panas karena takut mandi dengan air yang dingin.

Keesokan kami bergegas untuk pulang. Tanpa berpikir panjang kami langsung mencari kendaraan yang beroprasi lebih cepat untuk mencapai terminal Bandung. Setelah sampai diterminalBandung kami pun tidak menyadari bahwa uang yang kami bawa tidak cukup untuk menaiki bus menuju ke Bekasi, karena pada saat itu yang kami bawa hanya tinggal sebuah gitar butut, dan kami pun berniat untuk menjualnya untuk ongkos pulang ke Bekasi. Sudah sekian lama kami menawar-nawarkan gitar itu kepada orang-orang yang ada di sekitar kami, tetapi gitar itu tidak laku juga. Dan salah satu teman saya yaitu Ryo berkata, tanpa berpikir panjang dan sambil menunjukan muka melas, ‘’woiii bagaimana kalau kita ngamen saja’’, dan usul itu kami terima, karena pada saat itu sudah kehabisan ongkos. Kami pun cukup pintar, kami mengamen didalam bis yang sekaligus bertujuan ke arah yang kami tuju yaitu Bekasi. Lagu demi lagu kami nyanyikan tak henti agar tidak dipintai ongkos. Ketika bus yang kami tumpangi memasuki pintu tol, kami tidak tahu bahwa disana terdapat pemeriksaan jumlah penumpang, dengan segera kami mengumpulkan hasil kami mengamen untuk membayar ongkos bus tersebut. Akan tetapi tetap saja tidak cukup untuk membayarnya.

Ketika salah seorang petugasnya datang menghampiri kami, kami pun hanya terdiam dan mencoba pura-pura tidak tahu. Dengan wajah yang seram pak petugas pun berkata, ‘’maaf mas ongkosnya” kami pun bingung, dan salah satu teman saya memberikan ongkos yang kurang tersebut dan sambil berkata,’’pak apa boleh saya membayar sisanya di Bekasi saja pak”. Kami kira pak petugas akan marah dan menurunkan kami ditengah perjalanan, tetapi pak petugasnya hanya tersenyum dan berkata, ‘’Ooo ongkosnya kurang bilang dong’’ dengan sangat keras yang membuat semua para penumpang mendengar dan kami hanya diam dengan wajah penuh malu. Akhir pak petugas pun membolehkan kami untuk tetap menumpang bus dengan ongkos kurang. Bus pun melaju dengan cepat dan akhirnya sampailah ketempat tujuan kami yaitu Bekasi, lalu tiba-tiba pak petugas yang tadi datang dan sambil berkata, ‘’maaf yah mas soal perkataan saya yang kurang sopan saya hanya bercanda”. Dan kami dapat menerimanya dan dapat mengambil sebuah pelajaran, bahwa ada banyak cara seseorang untuk bercanda, akan tetapi tidak tahu apakah sudah membuat orang lain terluka.

 

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Motor macet alias mogok

 

MOTOR MACET

Memang menjengkelkan kalo misalnya motor kita mogok apalagi jika kita sama sekali buta soal mesin, dan musibah ini akan semakin besar jika ada orang2 dng senyuman lebar datang mendekat dan menawarkan bantuan,lha bukannya aneh? kan kalo ada yang menawarkan bantuan harusnya kita senang, itu bisa saja terjadi, tpi kemungkinan terbesar jika yang datang mendekat itu adalah aku! wah anda harus curiga dan selalu siap jika kemalangan menghinggapi anda, memang betul Asuransi itu berguna di saat-saat seperti ini napa bro dengan motormu? mogok ya? kataku sambil jongkok dan berusaha berak.

oh tidak! aku pura2 ngeliat sapa tau ada yang salah dengan wajah ariel (bukan nama sebenarnya) temanku ini, napa sih ngeliatin aku? yg rusak motornya tau! oh iya ya..sorry ga bisa bedain mana muka and yang mana busi!wajah ariel langsung mengkerut, ga karuan. rusak apanya nie? aku mulai bertanya basa-basi, kalo aku tau ya da jalan dari tadi nie motor sahut ariel ketus, ya sudah kalo ga mau dibantuin, biar aj berkarat disini motor u sekalian dengan pemiliknya, eh tunggu dulu, iya nie motor gue mogok, parah nie orang da ngomong bahasa Indonesia aj medok, gaya pake bahasa jakarte…jakarte suroboyoan jadinya, haduh fals banget dengernya.

dari raut wajahnya tentu dia sedang mengalami dilema, motor yang mogok itu saja sudah membuat dia dalam cobaan yang berat, sekarang malah menjadi Maha berat karena bertemu makhluk satu ini. dan terlihat mulutnya komat-kamit baca mantra pengusir setan. bro ini spionnya yang ga beres! hah…spionnya? apa hubungannya? iya spionnya radak miring dan tidak menemukan variable yang jelas antara posisi mesin dan tata letak spion…eh sarap walau gue tidak tau mesin tapi gue ga bego2 amat, ga ada hubungannya kali! lha kok tau? ya tau aj! mungkin main belakang hubungannya kita kan ga tau! arggg……..Ariel mulai mencari ikat pinggang kenshinnya dan ingin segera berubah menjadi kamen rider dan memberikan tendangan maut di mukaku ini…

hehehe sabar bro aku tau ini kenapa, tadi itu cuma becanda, mungkin businya da soak, busi? iya, langsung saja aku jongkok dan mencopot businya, wuih businya masih kinclong dan baru, aku tukar aj ah dengan busi bekas di jok motorku.

iya nie bro businya da soak kataku berpura-pura, dari mana loe tau? dia sendiri yang bilang coba tanya deh! sambil menunjukkan busi tepat di depan mukanya, ehm….tampak keraguan di mukanya, coba deh…di setiap komponen walau benda mati tapi mereka itu punya jiwa jika kita konsentrasi kita bisa mendengar suaranya..akhirnya temanku yg maha idiot ini bicara juga mungkin karena stress berlebih dia jadi kehilangan kecerdasan primitifnya, busi, kamu da soak atau belum? kok diem aja businya, mungkin businya suka kamu jadi malu…arggghhhhhh kali ini ariel benar2 mau menghantamku..hehehehe sudah…sudah sini aku ganti aku punya persediaan di jok ku, akhirnya aku ambil busi dari jok motorku, busi yang da kusam da jelek! Eh busiku masih bagus ini kok mau elu ganti dengan busi butut gtu?? lho jangan salah, jangan melihat dari bentuk luarnya, tpi liat dari kemampuan dalamnya Bagus gtu? ndk, lebih hancur sahutku acuh tak acuh sudah diam saja nie aku coba masukkan busi kebolongannya, dan akhirnya aku buka switch bensin yg pada awalnya aku tutup sehingga membuat motornya mogok. langsung deh aku starter, greng………..dan ajaib bin mujizat motornya menyala! wah ternyata elo bener hebat banget, kok elo bisa sih, tanya denny yang mukanya sekarang bersinar-sinar setelah tertekan hampir 12 menit! ya iyalah aku kan selalu rajin menggosok gigi 3x sehari

Ikan kembung pada mojok

ga nyambung goblok

ya sudahlah thanks, Ariel langsung cepat2 memotong pembicaraan, sepertinya dia da tidak sabar ingin cepat berlalu dari makhluk berbahaya ini.. lho cuma Thanks doank? wah jasa itu ga gratis, kita pipis aj skg bayar seribu! ya sud ini 10Rb bwt beli bakso..da duitku tinggal ini ya sudahlah gpp, harga teman..langsung kita berdua pada cepat2 pergi dan dalam hati sangat gembira…hmm…da dapat busi baru dikasih duit 10ribu lagi, nikmatnya surga dunia hahahaha

Posted in Uncategorized | Leave a comment

SEGMENTASI PASAR TERHADAP PRODUK

SEGMENTASI PASAR TERHADAP PRODUK
Segmentasi pasar adalah sebuah metode bagaimana memandang pasar secara kreatif. Kita perlu secara kreatif mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang yang muncul di pasar (Hermawan Kertajaya). Segmentasi pasar sangatlah penting di dalam bisnis dan pemasaran. Walaupun kita tidak boleh mengiris-iris pasar terlalu kecil, segmentasi pasar tetaplah suatu hal yang harus dipelajari dalam membangun usaha. Peranan segmentasi dalam marketing :
1. Memungkinkan kita untuk lebih fokus masuk ke pasar sesuai keunggulan kompetitif perusahaan kita.
2. Mendapatkan input mengenai peta kompetisi dan posisi kita di pasar.
3. Merupakan basis bagi kita untuk mempersiapkan strategi marketing kita selanjutnya.
4. Faktor kunci mengalahkan pesaing dengan memandang pasar dari sudut unik dan cara yang berbeda.
Cara-cara dalam memandang suatu pasar :
1. Static attribute segmentation. Cara memandang pasar berdasarkan geografis dan demografi. Geografis berarti kita melihat pasar berdasarkan wilayah (negara, kawasan, propinsi, kota). Demografi berati kita melihat pasar berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, agama,dan pendidikan.
2. Dinamic attribute segmentation. Cara memandang pasar berdasarkan sifat-sifat dinamis yang mencerminkan karakter pelanggan. Segmentasi ini melihat pasar berdasarkan psikografis dan perilaku. Psikografi meliputi lifestyle, kepribadian. Perilaku berupa sikap, penggunaan, dan respon pelanggan terhadap produk.
Lebih lanjut mengenai demografi, psikografi dan pasar relung:
1. Demografi. Ini merujuk data statistik penduduk, termasuk pendapatan, rata-rata umur, dan pendidikan. Kalau menurut Hermawan, demografi ini termasuk dalam Static Attribute Segmentation, atau cara memandang pasar berdasarkan geografis dan demografi. Geografis berarti kita melihat pasar berdasarkan wilayah (negara, kawasan, propinsi, kota). Sedangkan demografi berati kita melihat pasar berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, agama dan pendidikan.
2. Psikografi. Psikografi adalah menggunakan demografi dalam menentukan perilaku dan selera segmen tertentu suatu populasi. Psikografi mengkaji gaya hidup seperti kemana mereka berlibur, kemana mereka berbelanja, bagaimana mereka membelanjakan uang ekstra, olahraga apa yang mereka tonton, dan masih banyak lagi yang lain. Kalau menurut Hermawan (lagi), psikografi termasuk dalam Dynamic Attribute Segmentation, atau cara memandang pasar berdasarkan sifat-sifat dinamis yang mencerminkan karakter pelanggan. Segmentasi ini melihat pasar berdasarkan psikografis dan perilaku. Psikografi meliputi lifestyle atau kepribadian seperti yang saya sebutkan diatas. Perilaku berupa sikap, penggunaan dan respon pelanggan terhadap produk.
3. Pasar relung. Ada segmen kecil dari populasi yang memiliki kesamaan karekteristik, kepentingan, kebiasaan berbelanja dan sebagainya.
Suatu pasar terdiri dari begitu banyak konsumen – dan konsumen tersebut begitu beragam dan berbeda-beda dalam banyak hal. Mereka mempunyai perbedaan dalam hal kebutuhan, daya beli, lokasi geografis, kebiasaan membeli dan karakteristik pembelian. Semua hal/variabel tersebut dapat digunakan untuk men-segmentasi pasar.
Setiap manajer pemasaran sudah seharusnya memahami segmentasi pasar. Dirumuskan oleh Wendell Smith pada tahun 1956 dalam artikel terkenalnya yang berjudul “Product Differentiation and Market Segmentation as Alternative Marketing Strategies”, segmentasi telah menjadi bagian utama dari strategi marketing mana pun yang harus diperhatikan, supaya manajer pemasaran bisa membuat keputusan berkenaan dengan pasar yang dimaksud.
Segmentasi atau membagi pasar menjadi beberapa segmen adalah dasar atau fondasi dari kinerja bisnis yang superior. Penting sekali untuk mengerti apa saja kebutuhan dan keinginan konsumen supaya kita mampu merancang strategi pemasaran yang efektif. Setiap perusahaan kini dituntut untuk dapat semakin mengerti kebutuhan konsumen serta menciptakan produk yang dapat memuaskan kebutuhan mereka karena kebutuhan menjadi semakin berbeda/unik dan juga karena faktor teknologi yang semakin maju.
Perusahaan-perusahaan kini tanggap terhadap peluang-peluang bisnis yang ada untuk menciptakan value yang unik untuk konsumen dengan meluncurkan produk-produk mulai dari telepon yang dirancang khusus untuk para pebisnis sampai kartu ucapan dan perangko yang juga dirancang khusus untuk konsumen tertentu.
Konsumen itu berbeda-beda tergantung dari bagaimana mereka menggunakan produk, kebutuhan, kesukaan dan pola konsumsinya. Semua perbedaan ini lah yang menciptakan segmen-segmen pasar. Segmentasi pasar adalah proses untuk mengenali dan menganalisa kelompok-kelompok konsumen yang mempunyai karakteristik yang mirip/sama (misalnya seberapa sering mereka membeli produk). Kita harus bisa mengenali dengan lebih baik dan cepat perbedaan-perbedaan yang ada di antara segmen-segmen pasar dan bagaimana perbedaan tersebut terus berubah, supaya bisa menjadi selalu yang terdepan dalam kompetisi.
Bentuk yang paling spesifik dari segmentasi adalah dengan menganggap setiap konsumen/pembeli sebagai suatu segmen. Ini adalah dasar dari pemasaran one-to-one. Segmentasi yang sangat spesifik semacam ini bisa dilakukan untuk berbagai produk dan jasa yang terus berkembang karena adanya teknik untuk menyesuaikan produk dan jasa tersebut secara masal. Ini adalah pendekatan baru yang sangat bagus untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan unik dari para konsumen.
Produk-produk yang didesain secara khusus mampu memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen dengan harga yang sebanding dengan produk-produk yang diproduksi masal lainnya. Penggunaan sistem Customer Relationship Management (CRM) yang semakin meningkat mampu mengintegrasikan semua informasi tentang setiap konsumen ke dalam satu lokasi, sehingga menghasilkan peluang-peluang baru untuk mempelajari kebutuhan konsumen dari karakter dan perilaku belanja mereka yang sebenarnya.
Jika teknologi informasi dan efisiensi produksi digabungkan, maka kita bisa menciptakan produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan harga yang kompetitif bila dibandingkan dengan produk-produk massal lainnya. Sebagai contoh, kita bisa lihat seorang wanita yang masuk ke toko jeans Levis yang orisinil di New York, diukur badannya oleh seorang tenaga penjual di sana, lalu mencoba beberapa pasang celana jeans yang dipilih oleh sebuah komputer dari 400 pasang celana jeans yang ada supaya cocok dengan ukuran dan kesukaan dari wanita tadi. Jika ada satu celana yang tidak pas, informasi tersebut dimasukkan kembali ke komputer untuk mempersempit pilihan dan mempermudah proses pencarian selanjutnya.
Akhirnya pelanggan bisa menentukan pilihannya dengan harga hanya 10 dolar lebih tinggi dari celana jeans yang diproduksi massal lainnya. Karena diperlukan biaya yang tinggi untuk dapat menyediakan seluruh stok jeans dari ke-400 macam tersebut di setiap toko yang ada, maka celana jeans si pembeli itu dikirim ke toko dimana ia berbelanja atau ke lokasi si pembeli dari pusat distribusi.
Sebuah produsen sepeda Jepang, Panasonic, adalah pelopor dari sepeda yang bisa diukur untuk disesuaikan dengan konsumen sebelum diproduksi dan diantar ke toko, seperti halnya sebuah pakaian.
Contoh lain adalah dari IBM, salah satu raksasa produsen komputer. Pada awal tahun 1990-an, pada waktu era berkembangnya personal computer, IBM mengalami pertumbuhan penjualan dan profit yang lambat. Dulunya, IBM membagi produk-produknya ke dalam kelompok-kelompok dan mengelola divisi-divisi penjualannya yang dibagi-bagi secara geografis.
Perusahaan lalu direstrukturisasi di tahun 1991 dan mulai menerapkan pendekatan dan strategi segmentasi baru. IBM tidak menggunakan lagi sistem penjualan yang dibagi-bagi ke beberapa daerah dan menganggapnya sebagai segmen pasar karena cara tersebut dianggap tidak bisa mengelompokkan konsumen berdasarkan kebutuhannya sehingga mereka mengalami kesulitan untuk menyasar pasar dengan tepat.
Usaha dan strategi pemasaran untuk menggairahkan pasar dan meningkatkan market demand menjadi tanggung jawab dari Industry Solution Units (ISUs), yang dibentuk dan fokus untuk menyasar sektor-sektor seperti perbankan, asuransi, ritel dan pemerintah. Walaupun menghadapi penolakan dari dalam dan memerlukan biaya yang cukup besar untuk melakukan restrukturisasi, ISU di IBM mampu mendongkrak revenue perusahaan dengan mempersempit fokus pasar dan membuat target penjualan dan positioning yang lebih jelas. Budaya IBM berubah yang dulunya menggunakan sistem penjualan berdasarkan daerah menjadi mengacu berdasarkan segmen-segmen pelanggan. Profit kembali meningkat dan berhasil membawa IBM menjadi salah satu perusahaan terbesar di Amerika Serikat.
Konsep Segmentasi muncul karena pada dasarnya konsumen itu berbeda-beda. Walaupun mudah untuk mengelompokkan dan mengukur mereka berdasarkan kategori umur, penghasilan, pendidikan, latar belakang budaya, ras, serta agama, tetapi tidak selalu mudah untuk mengelompokkan atau mengukur perbedaan konsumen berdasarkan kebutuhan, kepribadian, motif dan persepsi/cara pandang.
Alasan lain mengapa segmentasi dibutuhkan adalah karena perbedaan konsumen tersebut ternyata menyebabkan adanya perbedaan pada kebutuhan pasar/market demand.
Kesuksesan sebuah strategi pemasaran tidak bisa lepas dari cara memahami dan mendalami pasar yang kita sasar. Ada produk yang mencoba menembak satu jenis pasar yang homogen, tetapi ada produk yang menembak beberapa jenis pasar. Kenyataannya memang tidak semua elemen dalam marketing mix dapat memenuhi setiap jenis pasar.
Oleh karena itu sangatlah penting bagi perusahaan untuk memilah-milah terlebih dahulu pasar mereka sebelum menjalankan strategi pemasaran. Dengan mengidentifikasi, mengevaluasi dan akhirnya memilih target pasar tertentu, perusahaan dapat menjalankan strategi pemasaran dengan lebih efisien dan efektif.
Segmentasi didefinisikan secara sederhana sebagai proses membagi sebuah pasar menjadi kelompok-kelompok lebih kecil, dimana setiap kelompoknya memiliki sifat-sifat yang relatif seragam (homogen). Istilah segmentasi biasanya langsung dikaitkan dengan istilah targeting, yakni upaya untuk memilih segmen-segmen spesifik yang paling berpotensi untuk membeli produk kita.
Salah satu cerita legendaris yang terkait dengan segmentasi adalah bagaimana Henry Ford membuat sebuah mobil yang disebut sebagai model T. Henry Ford dengan sombongnya memproduksi semua model T dengan warna hitam. “the car is car as long it is black”, katanya. Sebaliknya Alfred Sloan dari General Motors mencoba membangun model yang spesifik untuk setiap kelompok konsumen. Hasil akhirnya, strategi yang dilakukan oleh General Motors membuat perusahaan ini menggantikan Ford sebagai pemimpin pasar otomotif di Amerika Serikat.
Cerita ini menggambarkan bagaimana upaya menyamaratakan semua orang ternyata tidak berhasil. Setiap orang pasti memiliki perbedaan dalam hal selera, kebutuhan, pilihan dan lain-lain. Oleh karena itu mengelompokkan konsumen berdasarkan perbedaan-perbedaan tersebut sangat penting dilakukan sebelum aktifitas marketing mix dijalankan.
4.1 Ringkasan Analisa Pasar
Bagian ini biasanya membutuhkan riset dari luar. Jelaskan tentang berbagai grup target konsumen dan jelaskan juga kenapa kelompok ini yang dipilih. Jelaskan juga tentang pertumbuhan pasar dan proyeksinya.
Kalau tujuan pembuatan bisnis plan ini untuk menarik investasi, maka sampaikan juga gambaran tentang bidang industrinya secara global.
Contoh (Penitipan Anak) :
Tempat penitipan anak merupakan bisnis yang akan berkembang dan semakin dibutuhkan di masa mendatang. Semakin banyak pasangan yang sama-sama bekerja, sehingga membutuhkan tempat untuk menitipkan anaknya.Saat ini sudah ada beberapa tempat penitipan anak di kota Bandung. Tapi dengan semakin berkembangnya kecenderungan pasangan yang bekerja, maka peluang bisnis tempat penitipan anak masih sangat besar untuk berkembang.
4.2 Tabel Analisa Pasar
Fokuskan perhatian anda pada potensial konsumen, bukan pada konsumen actual saat ini. Proyeksikan pertumbuhan konsumen setiap tahunnya sehingga Anda bisa mendapatkan proyeksi konsumen untuk
beberapa tahun mendatang.
Informasi tersebut diatas harus berdasarkan riset yang baik dan benar.
Contoh :
PotensialCustomer Growth 2006 2007 2008 2009 2010 CAGR
Consumer
Small Business
Large Business
Government
Other
Total
4.3 Segmentasi Pasar
Bagian ini penting untuk penilaian dan strategi pasar. Jelaskan tentang segmentasi, pengelompokan yang berbeda-beda dan kumpulkan sebanyak mungkin informasi tentang konsumen di setiap kelompok segmen pasar.
Segmentasi pasar biasanya dibagi berdasarkan demografi (usia, penghasilan, gender, pekerjaan, pendidikan dll) atau geografi (kota, propinsi dll). Selain itu juga ada faktor psikografi, yang menganalisis korelasi tentang pola tingkah laku konsumen.
Contoh (Konsultan):
•1. Perusahaan Besar : Segmen pasar yang paling penting adalah perusahaan manufaktur besar dengan teknologi tinggi,seperti Apple, HP, Microsoft dan lainnya. Perusahaan-perusahaan ini membutuhkan layanan seperti riset pasar dan forum pasar.
•2. Perusahaan menengah : yang berkecimpung dalam pengembangan software dan multimedia. Perusahaan ini membutuhkan layanan jasa dalam pengembangan manajemen perusahaan dan menentukan peluang pada pasar baru dan segmen pasar baru.
4.4 Strategi Target Pasar
Berisi penjelasan tentang strategi yang melatarbelakangi segmentasi pasar Anda and pemilihan target pasar. Jelaskan kenapa perusahaan Anda focus kepada target market tersebut. Apa yang membuat target market tersebut lebih menarik daripada yang lain? Kenapa karakteristik mereka begitu penting
Contoh (Tempat Penitipan Anak):
Target pasar dari tempat penitipan anak adalah pasangan yang bekerja. Strategi pemasaran yang paling efektif adalah melalui system referensi atau pemasaran dari mulut ke mulut. Reputasi merupakan faktor yang harus dijaga dan ditingkatkan untuk menambah share pada target pasar ini.
4.5 Kebutuhan Pasar
Untuk setiap segmen pasar, definisikan penawaran Anda berdasarkan kebutuhan konsumen yang akan Anda penuhi, bukan berdasarkan apa yang harus Anda jual. Jelaskan tentang hal-hal berikut :
• Apakah kebutuhan tersebut sudah lama ada
• Apakah ada produk atau jasa lain yang menawarkan pemenuhan kebutuhan tersebut dengan cara yang berbeda
• Apakah riset pasar telah dilakukan
Contoh (Kafe):
Konsumen membutuhkan kafe yang berorientasi pelayanan. Konsumen membutuhkan kafe yang menghargai konsumennya sebagai prioritas utama.
4.6 Trends Pasar
Trend pasar dapat berubah sesuai demografi, perubahan kebutuhan, perubahan gaya atau fashion dll. Tergantung pada tipe bisnis Anda. Untuk menjelaskan trend pasar, pikirkan tentang :
• Faktor apa yang akan berubah dalam pasar, atau merubah bisnis
• Pertumbuhan trends seperti apa yang akan membuat perbedaan.
Misalnya, pada bisnis restoran mungkin trend akan bergeser dari makanan pedas, atau makanan segar atau makanan sehat.
Kemampuan menangkap trend pasar merupakan kunci untuk selalu selangkah di depan pesaing.
Contoh (Kafe) :
Trend kafe saat ini adalah menciptakan pengalaman (experience) dalam menikmati hidangan, baik dari pemandangan, interior ataupun dari music. Konsumen juga mulai sadar akan kebutuhan makanan yang sehat, seperti rendah kolesterol.
4.7 Pertumbuhan Pasar
Bagian ini membutuhkan riset mendalam, bahkan bila perlu anda bisa menyewa konsultan untuk membantu mendefinisikan pertumbuhan pasar. Pertumbuhan pasar bisa dalam berbagai format, seperti pertumbuhan konsumen, pertumbuhan penjualan, pertumbuhan proyek dll.
Contoh (Penghemat BBM) :
Seiring dengan tingginya harga BBM dan akan terus mengalami kenaikan di masa mendatang, serta pertumbuhan kendaraan bermotor yang terus meningkat, maka kami optimis penjualan alat penghemat BBM akan terus meningkat di masa mendatang.
Diolah dari berbagai sumber
Sumber gambar: http://gregoriusandy.byethost13.com/wp-content/marketingmix.gif

Posted in Uncategorized | Leave a comment

POLITIK & STRATEGI NASIONAL

POLITIK & STRATEGI NASIONAL

Kata “Politik” secara etimologis berasal dari bahasa Yunani Politeia, yang akar katanya adalah polis, berarti kesatuan masyarakat yang berdiri sendiri, yaitu negara dan teia, berarti urusan. Dalam bahasa Indonesia, politik dalam arti politics mempunyai makna kepentingan umum warga negara suatu bangsa. Politik merupakan rangkaian asas, prinsip, keadaaan, jalan, cara dan alat yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu yang kita kehendaki. Politics dan policy mempunyai hubungan yang erat dan timbal balik. Politics memberikan asas, jalan, arah, dan medannya, sedangkan policy memberikan pertimbangan cara pelaksanaan asas, jalan, dan arah tersebut sebaik-baiknya.

Politik secara umum menyangkut proses penentuan tujuan negara dan cara melaksanakannya. Pelaksanaan tujuan itu memerlukan kebijakan-kebijakan umum (public policies) yang menyangkut pengaturan, pembagian, atau alokasi sumber-sumber yang ada.
Dengan demikian, politik membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan negara, kekuasaan, pengambilan keputusan, kebijakan (policy), dan distribusi atau alokasi sumber daya.

a. Negara
b. Kekuasaaan
c. Pengambilan Keputusan
d. Kebijakan Umum
e. Distribusi

Pengertian Strategi
Strategi berasal dari bahasa Yunani strategia yang diartikan sebagai “the art of the general” atau seni seorang panglima yang biasanya digunakan dalam peperangan. Karl von Clausewitz (1780-1831) berpendapat bahwa strategi adalah pengetahuan tentang penggunaan pertempuran untuk memenangkan peperangan. Sedangkan perang itu sendiri merupakan kelanjutan dari politik.

Dalam pengertian umum, strategi adalah cara untuk mendapat-kan kemenangan atau pencapaian tujuan. Dengan demikian, strategi tidak hanya menjadi monopoli para jendral atau bidang militer, tetapi telah meluas ke segala bidang kehidupan.

Politik dan Strategi Nasional
Politik nasional diartikan sebagai kebijakan umum dan pengambilan kebijakan untuk mencapai suatu cita-cita dan tujuan nasional. Dengan demikian definisi politik nasional adalah asas, haluan, usaha serta kebijaksanaan negara tentang pembinaan (perencanaan, pengembangan, pemeliharaan, dan pengendalian) serta penggunaan kekuatan nasional untuk mencapai tujuan nasional. Sedangkan strategi nasional adalah cara melaksanakan politik nasional dalam mencapai sasaran dan tujuan yang ditetapkan oleh politik nasional.

Dasar Pemikiran Penyusunan Politik dan Strategi Nasional
Penyusunan politik dan strategi nasional perlu memahami pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam sistem manajemen nasional yang berlandaskan ideologi Pancasila, UUD 1945, Wawasan Nusantara, dan Ketahanan Nasional.

Penyusunan Politik dan Strategi Nasional
Politik dan strategi nasional yang telah berlangsung selama ini disusun berdasarkan sistem kenegaraaan menurut UUD 1945. sejak tahun 1985 telah berkembang pendapat yang mengatakan bahwa jajaran pemerintah dan lembaga-lembaga yang tersebut dalam UUD 1945 merupakan “suprastruktur politik”. Lebaga-lembaga tersebut adalah MPR, DPR, Presiden, DPA, BPK, MA. Sedangkan badan-badan yang ada dalam masyarakat disebut sebagai “infrastruktur politik”, yang mencakup pranata politik yang ada dalam masyarakat, seperti partai politik, organisasi kemasyarakatan, media massa, kelompok kepentingan (interest group), dan kelompok penekan (pressure group). Suprastruktur dan infrastruktur politik harus dapat bekerja sama dan memiliki kekuatan yang seimbang.

Mekanisme penyusunan politik dan strategi nasional di itngkat suprastruktur politik diatur oleh presiden/mandataris MPR. Sedangkan proses penyusunan politik dan strategi nasional di tingkat suprastruktur politk dilakukan setelah presiden menerima GBHN.

Strategi nasional dilaksanakan oleh para menteri dan pimpinan lembaga pemerintah non departemen berdasarkan petunjuk presiden, yang dilaksanakan oleh presiden sesungguhnya merupakan politik dan strategi nasional yang bersifat pelaksanaan.

Pandangan masyarakat terhadap kehidupan politik, ekonomi, sosial budaya, maupun bidang Hankam akan selalu berkembang karena:
a. Semakin tinggina kesadaran bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
b. Semakin terbukanya akal dan pikiran untuk memperjuangkan haknya.
c. Semakin meningkatnya kemampuan untuk menentukan pilihan dalam pemenuhan kebutuhan hidup.
d. Semakin meningkatnya kemampuan untuk mengatasi persoalan seiring dengan semakin tingginya tingkat pendidikan yang ditunjang oleh kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
e. Semakin kritis dan terbukanya masyarakat terhadap ide baru.

Sumber : Iyandri

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Ketahanan Nasional Indonesia

KETAHANAN NASIONAL

Ketahanan Nasional adalah suatu kondisi dinamis suatu bangsa yang terdiri atas ketangguhan serta keuletan dan kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi segala macam dan bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan baik yang datang dari dalam maupun luar, secara langsung maupun yang tidak langsung yang mengancam dan membahayakan integritas, identitas, kelangsungan hidup bangsa dan negara serta perjuangan dalam mewujudkan tujuan perjuangan nasional.

LATAR BELAKANG
Sejak merdeka negara Indonesia tidak luput dari gejolak dan ancaman yang membahayakan kelangsungan hidup bangsa. Tetapi bangsa Indonesia mampu mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatannya dari agresi Belanda dan mampu menegakkan wibawa pemerintahan dari gerakan separatis.
Ditinjau dari geopolitik dan geostrategi dengan posisi geografis, sumber daya alam dan jumlah serta kemampuan penduduk telah menempatkan Indonesia menjadi ajang persaingan kepentingan dan perebutan pengaruh antar negara besar. Hal ini secara langsung maupun tidak langsung memberikan dampak negatif terhadap segenap aspek kehidupan sehingga dapat mempengaruhi dan membahayakan kelangsungan hidup dan eksitensi NKRI. Untuk itu bangsa Indonesia harus memiliki keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional sehingga berhasil mengatasi setiap bentuk tantangan ancaman hambatan dan gangguan dari manapun datangnya.

POKOK-POKOK PIKIRAN
1. Manusia Berbudaya
Manusia dikatakan mahluk sempurna karena memiliki naluri, kemampuan berpikir, akal, dan ketrampilan, senantiasa berjuang mempertahankan eksistensi, pertumbuhan dan kelangsungan hidupnya, berupaya memenuhi baik materil maupun spiritual. Oleh karena itu manusia berbudaya akan selalu mengadakan hubungan-hubungan dengan: Agama, Idiologi, Politik, Ekonomi, Sosial, Seni/Budaya, IPTEK, dan Hankam.
2. Tujuan Nasional Falsafah Bangsa dan Idiologi Negara
Tujuan nasional menjadi pokok pikiran ketahanan nasional karena sesuatu organisasi dalam proses kegiatan untuk mencapai tujuan akan selalu berhadapan dengan masalah-masalah internal dan eksternal sehingga perlu kondisi yang siap menghadapi.

Asas – Asas Ketahanan Nasional

Asas ketahanan nasional adalah tata laku yang didasari nilai-nilai yang tersusun berlandaskan Pancasil, UUD 1945 dan Wawasan Nusantara. Asas-asas tersebut adalah sebagai berikut (Lemhannas, 2000: 99 – 11).

a) . Asas kesejahtraan dan keamanan

Asas ini merupakan kebutuhan yang sangat mendasar dan wajib dipenuhi bagi individu maupun masyarakat atau kelompok. Didalam kehidupan nasional berbangsa dan bernegara, unsur kesejahteraan dan keamanan ini biasanya menjadi tolak ukur bagi mantap/tidaknya ketahanan nasional.

b). Asas komprehensif/menyeluruh terpadu

Artinya, ketahanan nasional mencakup seluruh aspek kehidupan. Aspek-aspek tersebut berkaitan dalam bentuk persatuan dan perpaduan secara selaras, serasi, dan seimbang.

c). Asas kekeluargaan

Asas ini bersikap keadilan, kebersamaan, kesamaan, gotong royong, tenggang rasa dan tanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dalam hal hidup dengan asas kekeluargaan ini diakui adanya perbedaan, dan kenyataan real ini dikembangkan secara serasi dalam kehidupan kemitraan dan dijaga dari konflik yang bersifat merusak/destruktif.
d. Asas Mawas ke Dalam da Mawas ke Luar
Sistem kehidupan naasional merupakan perpaduan segenap aspek kehidupan bangsa yang saling berinteraksi. Di samping itu, sistem kehidupan nasional juga berinteraksi dengan linkungan sekelilingnya. Dalam proses interaksi tersebut dapat timbul berbagai dampak baik yang bersifat positif maupun negatif.

Sifat ketahanan nasional Indonesia

Mengandung keadilan, kearifan, kebersamaan, kesamaan, gotong rotong, tenggang rasa dan tanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sifat Ketahanan Nasional Indonesia :

1. Mandiri

Ketahanan nasional bersifat percaya pada kemampuan dan kekuatan sendiri dengan keuletan dan ketangguhan yang mengandung prinsip tidak mudah menyerah serta bertumpu pada identitas, integritas dan kepribadian bangsa.

2. Dinamis

Ketahanan nasional tidaklah tetap melainkan dapat meningkat dan atau menurun tergantung pada situasi dan kondisi bangsa dan negara serta kondisi lingkungan strategisnya.

3. Wibawa

Makin tinggi tingkat ketahanan nasional Indonesia makin tinggi pula nilai kewibawaan nasional yang berarti makin tinggi tingkat daya tangkal yang dimiliki bangsa dan negara Indonesia.

4. Konsultasi dan kerjasama

Konsepsi ketahanan nasional Indonesia tidak mengutamakan sikap konfrontatif dan antagonis, tidak mengandalkan kekuasaan dan kekuatan fisik semata tetapi lebih pada sikap konsultatif dan kerjasama serta saling menghargai dengan mengandalkan pada kekuatan moral dan kepribadian bangsa.

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Lingkunganku yang buruk

Minim Moral Hidup

Pengalaman saya ini tidak ada waktu yang tepatnya,karena ini pengalaman sehari-hari saya dalam perjalanan pulang pergi ke kampus kita ambil kisah dari jalur kereta Depok-Bogor,yang dimana banyak orang-orang yang mencari nafkah di jalur ini dengan jenis dan macam pekerjaan di jalur ini,dimulai dari kelas bawah sampe eksekutif,tapi disini saya akana membahas kelas bawah yang dalam pencarian nafkahnya mereka terbilang miris,ma’af.

Ini adalah pengalaman saya setiap hari di jalur ini yang sangat memprihatinkan menyentuh hati,disinilah banyak hal-hal aneh,janggal,kerasnya dunia yang seperti apa menjalani kehidupan yang jauh dari harapan-harapan kebahagiaan bagi pencari kesejahetraan hidup.Alangkah baiknnya mereka / saya menjalani kehidupan ini Cuma makan tidur saja,tetapi semua itu hanyalah seperti cerita dongeng saja,yang mengiming-imingi impian saja.Karena yang tampak dalam kehidupan ini hanyalah kekerasan jalan hidup yang menguji kesabaran seseorang bagaimana menghadapi jalan kehidupan.Bagi diri saya saja secara pribadi yang hidup saya katakanlah menegah kebawah,sangatlah sulit dalam menghadapi kehidupan ini dengan berbagai kesulitan,,nah apa lagi yang kehidupanya dari kalangan bawah,sudah kebayang kebingungannya  mereka seperti apa dalam hidup ini (yang ingin buat hidupnya lebih sejahtera),karena segelintir orang sudah pasrah,masa bodo,pura-pura gak peduli sama kesejahteraan hidupnya yang mengambil jalan hidup diluar arah kehidupan yang harmonis.Orang-orang seperti inilah yang banyak nampak  di jalur kreta bogor-jakarta,yaitu para  pedagang asongan,gembel, yang sudah gak tau moral beretika,mereka suka berbuat mengikuti nafsu amarah mereka dengan cara nyopet,dagangan yang kebersihanya sudah tak di jamin lagi.Saya sudah menjadi makanan setiap hari melihat kegilaan ini,parahnya anak kecil juga melakukan hal yang sama.Salah satu contoh nya:1.pedagang minuman ,si pedagang ini bolak-balik kesetiap gerbong sepertinya daganganya gak laku,lalu dia berhenti dibelakang saya sambil menawar-nawarkan dagangannya,tetapi tetap saja gak ada yang beli,lalu saya menoleh melihat mukanya yang kesel,tiba-tiba sipedagang meludahi daganganya itu sambil muka kesel dah kaya apaan,coba yang di daganginya itu bukan yang basah,otomatis keliatan air ludah itu di dagangannya,ini jadi gak keliatan karena terendam air es.Saya menggerutu sejenak “Aduh dasar orang Indonesia,pantesan saja yang miskin tambah miskin,yang kaya malah semakin menjadi,jadi gak usah disalahin donk”.Yang ke 2 sama pedagang asongan juga ceritanya sama dagangannya gak laku-laku,tapi dia dagang batre handphone,si pedagang ini ngomong cukup keras sambil jalan “Halah dasar orang kaya semua yang dikereta ini,dagangan gue gak laku,udah ini mah gue balik lagi nyopet dulu ah,dasar anjing”..Nah bukankah ini orang Indonesia juga.Ini yang terakhir yaitu gembel yang ngemis tapi masih dibawah umur,,sepertinya sama dia juga gak dapet-dapet duit,dia minta-mintanya sambil maksa sedikit dorong-dorong orang lah,,sampe-sampe ada yang dibikin keselnya,lalu orang itu sedikit marah sama bocah gembel itu,tapi eh,,si gembel malah ngejorokin tu orang sampe loncat dari kereta,dasar gak tau diri,terus orang yang dijorokinnya itu bilang “anjing dasar lo”..dan si gembel dengan santai pergi gak ada takutnya..!!Sekarang anda bisa tau bagai mana buruknya negara ini dalam lingkup kalangan bawah,saya berharap besar sama pemerintah katanya Negara ini Negara hokum,tapi banyak hokum yang berlaku kalau tanpa ketegasan mah percumah,cape-cape saja kami harus tau,meskipun kami taat sama hokum,tapi bagaimana terhadap orang yang menyepelekanya,itu semua kan bikin gak nyaman bagi yang taat sama hukum.Saya ingin sekali pemerintah ini bertindak tegas,agar tidak menjadi lebih buruk keburukan yang sudah menjadi kebiasaan ini dan mengantisipasi yang belum terjadi,karena sepengetahuan saya Negara ini hanya akan bertidak ketika situasi genting saja atau ketika ada kejadian mereka tersadarkan lalu mereka baru akan bertindak.Sekia dari pengalaman yang saya liat yang paling parah dan masih banyak pengalaman yang lain  dan pengalaman yang bakal nyusul,karena saya yakin bakal tambah lebih buruk dari yang di atas.Pesan saya kepada orang atau anda (pembaca),jika kalian emang tiap hari memakai jasa kereta harus lebih hati-hati di dalam kereta,karena bisa saja kejahatan mengintai anda atau mau beli makanan,minuman lebih baik di warung,alfa mart saja buat bekal perjalanan dan jangan lupa barang-barang berharga taro di tas semua.

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Hello world!

Welcome to WordPress.com. After you read this, you should delete and write your own post, with a new title above. Or hit Add New on the left (of the admin dashboard) to start a fresh post.

Here are some suggestions for your first post.

  1. You can find new ideas for what to blog about by reading the Daily Post.
  2. Add PressThis to your browser. It creates a new blog post for you about any interesting  page you read on the web.
  3. Make some changes to this page, and then hit preview on the right. You can alway preview any post or edit you before you share it to the world.
Posted in Uncategorized | 1 Comment